10 Tips Membangun Keluarga Sakinah




10 Tips Membangun Keluarga Sakinah -Dalam suatu kehidupan berkeluarga yang terbina dengan baik masing-masing anggotanya bakal saling menyimak satu sama lain, bercita-cita untuk tidak jarang kali berbagi dan bareng dalam suka dan duka.Jadi family sakinah itu ialah keluarga yang seluruh anggota keluarganya menikmati cinta kasih, keamanan, ketentraman, perlindungan, bahagia, keberkahan, terhormat, dihargai, diandalkan  dan dirahmati oleh Allah SWT.

Di dalam family sakinah tersebut pasti akan hadir mawaddah dan rahmah. Mawadah ialah jenis cinta membara, yang menggebu-gebu kasih sayang pada lawan jenisnya (bisa disebutkan mawaddah ini ialah cinta yang didorong oleh kekuatan nafsu seseorang pada lawan jenisnya).

Mawaddah tersebut sinonimnya ialah mahabbah yang dengan kata lain cinta dan kasih sayang. Rahmah ampunan, anugerah, karunia, rahmat, belas kasih, rejeki. Jadi, Rahmah ialah jenis cinta kasih sayang yang lembut, siap berkorban guna menafkahi dan melayani dan siap melindungi untuk yang dicintai.
Sahabat Msulimah, kemudian bagaimana membina keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah? Berikut kami sajikan tips 10 tangga cinta untuk membina keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah :

  • Pilih pasangan yang shaleh atau shalehah yang taat menjalankan perintah Allah dan sunnah Rasulullah SWT.
  • Pilihlah pasangan dengan mengkhususkan keimanan dan ketaqwaannya dari pada kecantikannya, kekayaannya, kedudukannya.
  • Niatkan ketika menikah guna beribadah untuk Allah SWT dan guna menghidari hubungan yang dilarang Allah SWT
  • Pilihlah pasangan keturunan family yang terjaga kebesaran dan nasabnya.
  • Berkomitmen menempuh perjalanan lokasi tinggal tangga guna selalu bareng dalam melintasi badai dan gelombang kehidupan.
  • Suami berjuang menjalankan kewajibannya sebagai seorang suami dengan desakan iman, cinta, dan ibadah. Seperti memberi nafkah, memberi keamanan, menyerahkan didikan islami pada anak istrinya, menyerahkan sandang pangan, papan yang halal, menjadi pemimpin family yang dapat mengajak anggota keluaganya mengarah ke ridha Allah dan surga -Nya serta dapat mengamankan anggota keluarganya dario siksa api neraka.
  • Istri berjuang menjalankan kewajibann ya sebagai istri dengan desakan ibadah dan bercita-cita ridha Allah semata. Seperti melayani suami, mendidik putra-putrinya tentan agama islam dan ilmu pengetahuan, mendidik mereka dengan akhlak yang mulia, menjaga kebesaran keluarga, merawat harta suaminya, dan membahagiakan suaminya.
  • Suami istri saling mengenali kelemahan dan keunggulan pasangannya, saling menghargai, merasa saling memerlukan dan melengkapi, menghormati, mencintai, saling mempercai kesetiaan masing-masing, saling keterbukaan dengan merajut komunikasi yang intens.
  • Suami menyuruh anak dan istrinya guna shalat berjamaah atau ibadah bersama-sama, laksana suami menyuruh anak istrinya bersedekah pada fakir miskin, dengan destinasi suami mendidik anaknya supaya gemar bersedekah, mendidik istrinya supaya lebih tidak sedikit bersukur untuk Allah SWT, berzikir bersama-sama, menyuruh anak istri menyimak al-qur’an, berziarah qubur, menuntut ilmu bersama, bertamasya guna melihat kemuliaan ciptaan Allah SWT. Dan lain-lain.
  • Suami istri tidak jarang kali memohon untuk Allah supaya diberikan family yang sakinah mawaddah wa rohmah.

Mari membina keluarga Sakinah, dengan menghadirkan keimanan dan kerinduan kepada Allah SWT dalam family kita.

Comments

Popular Posts