Paru-Paru Bersih dari Debu dan Zat Polusi, Berikut 6 Kunci Menjaganya!



Paru-Paru Bersih dari Debu dan Zat Polusi, Berikut 6 Kunci Menjaganya! -Polusi, asap kendaraan, sampai asap cerutu telah menodai paru Anda sekitar ini. Udara yang ternoda tersebut sudah merusak sistem pernapasan dan menimbulkan sekian banyak  masalah mulai dari asma sampai kanker paru. Nah, agar tidak terpapar masalah kesehatan tertentu, ada sejumlah catra yang dapat dilakukan untuk mengawal dan mencuci paru-paru. Tak butuh ribet, berikut teknik alami yang dapat bebaskan paru dari sekian banyak  polusi yang mengintai.
Cara mencuci paru-paru dari polusi

Kesehatan paru adalahsalah satu urusan yang sangat penting dalam mengawal kesehatan di hidup kita. Walaupun organ tubuh telah memiliki sistem untuk mencuci diri sendiri, tidak terdapat salahnya untuk menolong organ paru agar cepat bersih.

1. Memakai air purifier

Air purifier memang dirancang supaya dapat membersihkan udara yang terdapat di ruangan kita. Cobalah untuk menggunakan air purifier untuk menambah kualitas udara yang terdapat di lokasi tinggal Anda. Cara ini ialah awalan yang baik untuk mencuci paru-paru kita.

2. Membersihkan ventilasi

Setelah menggunakan air purifier di rumah, tahapan selanjutnya ialah membersihkan ventilasi di lokasi tinggal kita. Mulai dari kamar mandi, kamar tidur, sampai dapur mesti bebas dari debu dan kuman penyakit.

Bakteri yang menumpuk di ventilasi bisa menerobos masuk andai tidak diganti bertahun-tahun. Upayakan guna mengganti masing-masing 6 bulan sekali supaya kualitas udara di lokasi tinggal lebih terjamin.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Salah satu teknik untuk mencuci paru kita ialah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan ternyata pun mempengaruhi kesehatan paru kita. Oleh sebab itu, mulailah diet sehat sebagai mula yang baik guna kesehatan.
  • Mulai hari dengan segelas air lemon. Jika tubuh anda terhidrasi dengan baik, proses mencuci paru juga menjadi lebih lancar.
  • Konsumsi makanan yang kaya bakal vitamin C, laksana anggur, kiwi, jeruk, tomat, dan brokoli.
  • Tidak tak sempat memasukkan makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Misalnya, bawang putih, apel, teh hijau, ataupun jahe.

4.Lakukan kegiatan di luar ruangan

Jika anda mendapat asupan udara yang segar di pagi hari, jaringan di dalam paru-paru anda pun dapat berkembang dan bekerja lebih baik. Cobalah untuk mengecek tingkatan polusi di wilayah Anda.

Hindari berolahraga di luar saat kualitas polusi sedang tinggi-tingginya. Di samping itu, menjauhi asap cerutu atau sampah yang sedang dihanguskan juga mesti turut dipertimbangkan saat sedang berolahraga di luar.

5. Mengontrol batuk

Batuk ialah salah satu teknik yang sangat alami untuk mencuci paru. Akan tetapi, andai kita lebih dapat mengatur batuk anda sendiri, lendir di paru anda pun akan terangkat dan masuk melewati saluran udara. Berikut tahap-tahap untuk mencuci paru dari lendir.
  • Duduk dengan posisi tegap dan menapakkan kaki di lantai.
  • Lipat lengan di atas perut
  • Ambil napas secara perlahan melewati hidung
  • Buang napas perlahan-lahan sembari mencondongkan tubuh ke depan
  • Usahakan guna batuk 2-3 kali saat membuang napas dengan mulut tidak banyak terbuka.
  • Ambil napas kembali
  • Istirahat dan ulangi seperlunya saja.

6. Hindari kelaziman merokok

Salah satu zat penyumbang riskan di paru kita ialah rokok. Oleh sebab itu, andai Anda ialah perokok aktif, pertimbangkanlah guna mulai mengurangi sampai berhenti dari kelaziman tersebut. Tidak melulu Anda yang akan terpapar dampaknya, namun orang beda yang berada di sekitar Anda pun terpapar imbasnya. Organ pernapasan anda pun terasa lebih ringan sebab bersih dan bebas dari lendir.

Cara-cara di atas adalahhal yang memang gampang dilakukan, namun sulit andai tidak terdapat kemauan. Jika Anda hendak paru yang lebih bersih, usahakan guna berhenti dari kegiatan yang malah membuat sistem pernapasan kita menjadi lebih buruk. Apabila Anda telah terpapar oleh polusi udara yang lumayan tinggi, segera konsultasikan ke dokter Anda. Tanyakan bagaimana teknik untuk mencuci paru kita. 
                                                                                         

Comments

Popular Posts